Assalamu'laikum akhi & ukhti, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua

INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA



INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA (IPD)
Judul : Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi
I.      Wawancara :
A.    Guru
1.    Bagaimana perencanaan guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak?
2.    Bagaimana respon siswa ketika anda mengajar?
3.    Bagaimana anda menciptakan situasi belajar agar siswa aktif?
4.    Apa yang anda lakukan dalam mengajar dengan memperhatikan prinsip perbedaan individu?
5.    Mengapa terjadinya kejenuhan belajar di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi?
6.    Apa yang menjadi faktor penyebab kejenuhan belajar?
7.    Bagaimana sikap dan perhatian siswa dalam belajar?
8.    Apakah lingkungan ikut mempengaruhi kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar?
9.    Apakah penggunaan metode dapat menimbulkan atau berpengaruhi dalam kejenuhan belajar yang dihadapi siswa?
10.  Strategi apa yang dilakukan guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam belajar?
11.  Bagaimana guru dalam membangkitkan perhatian siswa dalam belajar?
12.  Apakah guru dalam mengatasi kejenuhan belajar pada siswa menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam konteks perbedaan individual siswa?
13.  Bagaimana usaha guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada saat pembelajaran sedang berlangsung?

B.    Siswa
1.    Apakah anda mengalami kejenuhan dalam belajar, apa alasannya?
2.    Kejenuhan apa saja yang dihadapi anda ketika belajar?
3.    Apakah ada usaha diri anda ketika anda mengalami kejenuhan dalam belajar?
4.    Apakah menurut anda lingkungan sekolah mempengaruhi kejenuhan belajar yang terjadi pada diri anda?
5.    Apakah anda mengungkapkan rasa kejenuhan dalam belajar pada guru anda?

II.    Obsevasi
1.    Mengamati perencanaan guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak
2.    Mengamati guru dalam memperhatikan perbedaan individu siswa
3.    Kondisi kejenuhan belajar di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi
4.    Faktor penyebab kejenuhan belajar
5.    Sikap dan perhatian siswa dalam belajar
6.    Penggunaan metode dapat menimbulkan atau berpengaruh dalam kejenuhan belajar yang dihadapi siswa
7.    Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam belajar
8.    Usaha guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada saat pembelajaran sedang berlangsung

III.   Dokumentasi
1.    Historis dan geografis
2.    Keadaan siswa
3.    Keadaan tenaga pengajar
4.    Keadaan sarana dan prasarana
Struktur organisasi

0 Response to "INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA"

Post a Comment