Proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses
komunikasi. Proses komunikasi dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan setiap
unsur yang terlibat dalam suatu komunikasi dan bagimana interaksi antar unsur
tersebut. Maka dengan demikian dalam proses komunikasi perlu penyusunan
langkah-langkah pembelajaran,
pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar
semuanya diarahkan dalam upaya mencapai tujuan. Oleh karena itu sebelum proses
pembelajaran perlu di tentukan strategi dalam belajar.
Secara umum
strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk
bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan
dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum
kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar untuk mencapai
tujuan yang telah digariskan (Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, 2010: 5)
Dalam dunia pendidikan strategi diartikan sebagai “a
plan, method, or series of activities desaigned to achieves a particular
educational goal” (J.R. David, 1976). (Wina Sanjaya, 2010: 294)
Jadi, dengan demikian
strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang
rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
0 Response to "Strategi Pembelajaran"
Post a Comment