Assalamu'laikum akhi & ukhti, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua

Proposal Skripsi Kualitatif




a. Proposal Penelitian Kualitatif

I.    PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Berisi masalah yang ditemukan di lapangan berupa kesenjangan antara kenyataan dan harapan (das sein dan das sollen),  teori dan praktik, diangkat dari studi pendahuluan yang didukung dengan fakta, data, dan indikator. Dirumuskan secara kronologis dan urgensi masalah tersebut dalam konteks yang lebih luas.
B.   Fokus Penelitian
Memuat fokus penelitian yang secara spesifik menjadi concern peneliti, misalnya dalam penelitian tentang manajemen mutu layanan pendidikan di sekolah XX, maka peneliti hanya akan memfokuskan penelitian pada aspek layanan pembelajaran di kelas.
C.   Rumusan Masalah
Memuat rumusan masalah yang terdiri dari pernyataan masalah dan pertanyaan penelitian. Rumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan mengapa, bagaimana, dan apa.
D.   Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Memuat tujuan diadakannya penelitian yang rumusannya disesuaikan dengan rumusan masalah. Sedangkan tujuan penelitian memuat kegunaan penelitian baik untuk pengembangan ilmu/kegunaan teoritis maupun kegunaan praktis.

II.    TINJAUAN PUSTAKA
        Memuat kajian teoritis berkaitan dengan fokus penelitian. Terdapat tiga kriteria yang digunakan sebagai landasan, yaitu relevansi, kemutakhiran, dan keaslian. Jika fokus penelitiannya terkait dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah, maka teorinya adalah teori kepemimpinan, bukan toeri sikap atau motivasi. Referensi daftar pustaka yang digunakan sebaiknya terbitan lima tahun terakhir dan dirujuk dari sumber yang asli serta diutamakan sumber-sumber yang berasal dari jurnal-jurnal hasil penelitian. Pada bagian ini juga dikemukakan hasil penelitian terdahulu terkait dengan fokus penelitian dan uraian tentang sisi beda penelitian kita.

            III. METODE PENELITIAN
A.   Metode dan Desain Penelitian
     Memuat metode dan desain penelitian yang akan digunakan dan alasan menggunakannya. Pendekatan kualitatif meliputi; a) metode interaktif (desain etnografis, desain historis, desain fenomenologi, desain studi kasus, desain teori dasar (grounded theory), dan studi kritis), b) metode non interaktif (analisis konsep, analisis kebijakan, dan analisis historis).
B.   Setting dan Subjek Penelitian
     Memuat setting/situasi sosial dimana penelitian akan dilaksanakan dan alasan memilihnya serta subjek penelitian dan teknik penentuannya. Dalam penelitian kualitatif pada umumnya digunakan teknik purposive sampling atau snowballing sampling.
C.   Jenis dan Sumber Data
     Memuat jenis dan sumber data penelitian
D.   Teknik Pengumpulan Data
     Memuat teknik pengumpulan data yang akan digunakan, meliputi pengamatan (observasi),  wawancara (interview),  dan studi dokumentasi. Perlu dikemukakan jenis observasi, wawancara, studi dokumen yang akan digunakan, apa yang akan diobservasi, siapa yang akan diwawancarai, dan dokumen apa yang akan dicari.
E.   Teknik Analisis Data
     Memuat teknik analisis data yang akan digunakan. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif dapat menggunakan analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema. Atau flow model analysis,  yang terdiri dari data reduction, data display dan verification.
F.Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data
     Memuat rencana pemeriksaan keabsahan data yang akan dilakukakan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian kualitatif mencakup uji kredibilitas data (validitas internal), uji dependabilitas (reliabilitas) data,  uji transferabilitas (validitas eksternal), dan uji konfirmabilitas (objektivitas). Pada proposal mahasiswa hanya disarankan menggunakan uji kredibilitas data yang dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan/pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi sejawat, member check, dan analisis kasus negatif.
G.  Jadwal Penelitian

DAFTAR ISI SEMENTARA
DAFTAR PUSTAKA SEMENTARA
LAMPIRAN-LAMPIRAN ( Intrumen pengumpulan data; pedoman wawancara, pengamatan dan dokumentasi.

0 Response to "Proposal Skripsi Kualitatif"

Post a Comment