Assalamu'laikum akhi & ukhti, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua

Strategi Pembelajaran



Proses pembelajaran pada dasarnya adalah proses komunikasi. Proses komunikasi dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan setiap unsur yang terlibat dalam suatu komunikasi dan bagimana interaksi antar unsur tersebut. Maka dengan demikian dalam proses komunikasi perlu penyusunan langkah-langkah pembelajaran,
pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya mencapai tujuan. Oleh karena itu sebelum proses pembelajaran perlu di tentukan strategi dalam belajar.

Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan (Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, 2010: 5)

Dalam dunia pendidikan strategi diartikan sebagai “a plan, method, or series of activities desaigned to achieves a particular educational goal” (J.R. David, 1976). (Wina Sanjaya, 2010: 294)
Jadi, dengan demikian strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

0 Response to "Strategi Pembelajaran"

Post a Comment