Assalamu'laikum akhi & ukhti, semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua

Metode Pengumpulan Data Skripsi

1.      Metode Observasi
Observasi adalah proses keterlibatan peneliti dalam situasi sosial, kemudian dia mengungkapkan seluruh apa yang dilihat, dialami dan dirasakan langsung oleh peneliti. (Mukhtar, 2013: 109)
Observasi diartikan sebagai pengamatan dan pencatatan secara sistematik terhadap gejala yang tampak pada objek penelitian. (Hadi dan Haryono, 1998: 129)

 2.      Metode Wawancara
Wawancara adalah merupakan pertemuan dua orang  untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehingga dapat dikonstruksikan makna dalam suatu topik tertentu. (Sugioyono, 2011: 317)
Wawancara adalah proses tanya jawab antara peneliti dengan subjek penelitian atau informan dalam satu situasi sosial. Wawancara menggunakan seperangkat daftar pertanyaan yang sudah disiapkan oleh peneliti sesuai dengan rumusan masalah dan pertanyaan penelitian yang akan dijawab melalui proses wawancara. (Mukhtar, 2013: 118)

3.      Metode Dokumentasi
Dokumentasi adalah data-data tertulis atau gambar yang ada pada satu situasi sosial yang dibutuhkan peneliti, sebagai pendukung datanya dalam mengkemas laporan penelitian. (Mukhtar, 2013: 109)
Dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, lengger, agenda, dan sebagainya. (Arikunto, 2010: 274)

0 Response to "Metode Pengumpulan Data Skripsi"

Post a Comment